Efektivitas Aplikasi Game Kahoot Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Tematik Kelas V di SDN Pati Wetan 01 -->
Minggu, 22 Juni 2025

Iklan Semua Halaman

Efektivitas Aplikasi Game Kahoot Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Tematik Kelas V di SDN Pati Wetan 01

Sabtu, 06 Mei 2023

Dessy Rahma Ardian Nufus, S.Pd

PatiToday
, Pati Kota-Keberhasilan pembelajaran adalah harapan bagi guru, orang tua bahkan peserta didik itu sendiri. Maka, guru harus memiliki kreatifitas dalam kegiatan belajar mengajar agar peserta didik tidak jenuh dalam belajar di kelas.


Pembelajaran dapat berhasil jika memenuhi tiga aspek yaitu efektivitas pembelajaran, efisiensi pembelajaran, dan daya tarik pembelajaran. 


Sedangkan, efektivitas itu sendiri adalah mutu pendidikan yan dapat diukur melalui tercapainya tujuan. 


Efisiensi atau cara, sedangkan daya tarik cenderung peserta didik terhadap mata pelajaran tertentu. 


Teknologi dalam platform pembelajaran dengan berbagai macam jenisnya. 


Dan teknologipun mulai dipercaya oleh masyarakat karena dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas sumber daya manusia. 


Maka dari itu muncullah berbagai produk atau media yang digunakan sebagai media pembelajaran di masa kini. 


Mendorong guru untuk terus berinovasi dengan berbagai pilihan alternatif agar pembelajaran menyenangkan. 


Contoh media yang digunakan adalah quizizz, quipper, kahoot, e learning dan masih banyak lagi. 


Diharapkan dengan adanya media yang ada dapat membantu dan meningkatkan motivasi belajar siswa.


Pada masa kini guru harus bisa kreatif dan dapat menumbuhkan motivasi peserta didik dalam belajar salah satunya menggunakan game kahoot. 


Kahoot sangat mudah dimainkan peserta didik, mudah sekali juga untuk di akses. Setelah mengerjakan langsung mendapatkan skor nilai. 


Efektivitas aplikasi game kahoot ini meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V di SDN Pati Wetan 01. 

Pencapaian yang hendak dituju peneliti adalah mengenai efektivitas game kahoot dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di SDN Pati Wetan 01. 


Dari hasil analisis, ketertarikan pelajaran tematik masih rendah karena dampak daring pada masa pandemik lalu. Banyak yang memiliki nilai di bawah KKM. 


Dengan adanya game kahoot meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Dalam peningkatan motivasi peserta didik dapat dilihat dari seberapa senang dan tertarik peserta didik menggunakan kahoot. 


Dengan adanya ketertarikan game kahoot ini yang semua peserta didik kelas V memiliki handphone pribadi menumbuhkan semangat, dan hasil belajar pun meningkat. 


Game kahoot bisa dikerjakan di rumah maupun di dalam kelas bersama guru dan teman – temannya. Itu yang menjadi penyemangat buat peserta didik kelas V SDN Pati Wetan 01


Nilai peserta didik 90% dari 33 peserta didik pun meningkat di atas KKM. Dengan begitu guru harus tetap selalu berinovasi dan selalu memiliki kreativitas untuk selalu membuat pembelajaran itu selalu menyenangkan. 


Dengan dukungan wali murd kelas V semua berjalan dengan lancar. Dan game kahoot dilaksanakan paling sedikitnya 2 sampai 3 kali dalam 1 bulan karena peserta didik harus membawa handphone ke sekolah. Tentunya atas izin dari kepala sekolah. 


Karya Guru 

Dessy Rahma Ardian Nufus, S.Pd

Guru SDN Pati Wetan 01